Semarak Hari Santri Nasional

Semarak Hari Santri Nasional 2019 dengan pelaksanaan lomba hafalan al-Qur'an III dan hafalan hadits I berhadiah umrah

Sejak tiga tahun lalu, Pesantren Modern al-Junaidiyah telah menyelenggarakan lomba hafalan al-Qur’an untuk menyambut dan memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober.

Lomba yang dilaksanakan pada mulanya hanya kategori hafalan al-Qur’an 30 juz. Setahun kemudian, lombanya ditambah dengan hafalan al-Qur’an 1 dan 5 juz. Untuk tahun ini, lomba yang dilaksanakan lebih meriah sebab selain hafalan al-Qur’an 5, 10, dan 30 juz, juga diperlombakan hafalan Hadits dan Cerdas Cermat Isi Kandungan al-Qur’an. Kesemua itu dimaksudkan untuk menambah motivasi belajar dan semangat membaca serta menghafalakan al-Qur’an dan hadits bagi para santri.

Pimpinan Pondok yang membuka pelaksanaan kegiatan kemarin, Kamis, 17 Oktober 2019 dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanakan lomba seperti yang dilaksanakan Pesantren al-Junaidiyah saat ini, pada dasarnya memang sejalan dengan al-Qur’an yang mendorong umat Islam agar berlomba dalam hal-hal kebaikan. Meski demikian, KH. Jamaluddin selaku pimpinan pondok menekankan agar niat santri untuk berlomba yang dikedepankan adalah tujuan ibadahnya, bukan semata-mata hadiahnya.

Tahun ini, Pesantren Modern al-Junaidiyah kembali menyiapkan paket hadiah umrah bagi santri yang menjadi pemenang I untuk kategori hafalan al-Qur’an 30 juz, di samping hadiah-hadiah lainnya yang disiapkan untuk seluruh cabang yang diperlombakan.

Komentar
Loading...