MTs Al-Junaidiyah Biru Gelar Ujian Madrasah Berbasis Komputer

Sebanyak 143 santri MTs Al-Junaidiyah Biru yang terdiri atas 71 banin/putra dan 76 banat/putri, mengikuti Ujian Madrasah (UM), 14 s.d 22 Maret 2022. Sebelumnya, 07 s.d 10 Maret 2022 lalu, MTs Al-Junaidiyah juga telah melaksanakan Ujian Akhir Pesantren (UAP) bagi santri kelas IX.

UM di MTs Al-Junaidiyah dilaksanakan berbasis komputer, model ini dipilih karena dianggap lebih memudahkan siswa dan guru, juga menghemat penggunaan kertas.

“Guru cukup memasukkan teks soal ujian pada template aplikasi dan selanjutnya kita import ke dalam aplikasi ujian. Santri login dengan user dan password yang sudah diset sebelumnya, token ujian dibagikan dan santri mulai mengerjakan soal ujian. Hasil ujian santri secara otomatis terekam di aplikasi dan guru dapat langsung melihat hasilnya”, jelas Ustadz Muallim, SS, Proktor UM.

Kepala Madrasah, Ustadz Ahmad, S.Pd.I.,MA, mengapresiasi kerja panitia bersama proktor pada pelaksanaan UM Tahun Pelajaran 2021/2022 kali ini. Menurutnya, bukan perkara mudah melaksanakan ujian menggunakan moda komputer, dibutuhkan skill khusus untuk mengelolanya.

“Alhamdulillah, kerjasama yang luar biasa, panitia dan proktor mampu mendesain ujian berbasis komputer, sehingga UM dapat kita laksanakan dengan hemat, cepat dan tepat. Saya berharap kedepannya, model penilaian berbasis tekhnologi seperti ini tetap bisa kita pertahankan”, kata Kepala MTs Al-Junaidiyah.

UM berbasis komputer yang digelar selama sembilan hari ke depan ini, menggunakan dua ruang ujian dan dibagi dalam tiga sesi ujian. Proktor memastikan jika santri sudah mengetahui cara menjalankan aplikasi ujian, karena sebelumnya telah dilakukan sosialisasi dalam bentuk simulasi.

Komentar
Loading...