Shalat Khusuf

Di Pondok Pesantren Al-Junaidiyah Biru

Gerhana Bulan Total (GBT) terjadi di seluruh wilayah Indonesia, Selasa Malam, 8 November 2022. Untuk di wilayah Bone Sulsel sendiri, GBT mulai terlihat sekira Pukul 18:16 Wita.

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, melalui edaran suratnya menyerukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi secara berjenjang hingga ke masjid-masjid di tingkat kecamatan/lurah/desa, untuk melakukan shalat gerhana bulan atau khusuful qamar.

Indahkan instruksi Dirjen Bimas Islam, Dr. Muslihin Sultan, M.Ag, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Junaidiyah Biru, gelar Shalat Khusuf secara berjamaah. Bersama santri, guru dan pembina, Shalat Khusuf dilaksanakan di masjid yang terletak di kompleks pesantren.

Shalat Khusuf sendiri merupakan sunnah muakkad yang oleh jumhur ulama sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam.

Dr. Muslihin mengatakan, “selain sebab kesunnahannya, hal ini kita lakukan juga untuk mengedukasi santri guna memberi pengalaman praktis bagi mereka dalam melaksanakan amaliah sunnah dalam beragama”, ucapnya.

Shalat Khusuf dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan membaca sejumlah surah dalam Al-Qur’an. Masing-masing rakaat membaca surah Al Fatihah dua kali dan ruku’ juga dua kali.

Komentar
Loading...