RA Al-Junaidiyah Biru Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi Siswa

Calon Haji Cilik

Siswa RA Al-Junaidiyah Biru padati pelataran Masjid Agung Al Maarif Kab. Bone, Sabtu, 19 Februari 2022. Guru tampak hadir lebih pagi untuk mengatur siswa agar lebih rapih dan teratur.

Di sisi barat masjid, sebuah replika Kakbah berdiri kokoh layaknya bangunan asli menyerupai Kakbah di Makkah Al Mukarramah. Lokasi ini kerap menjadi tempat bagi calon haji ataupun umrah lakukan manasik dan latihan.

Dalam usaha mendekatkan dan mengenalkan siswa dengan ajaran agama, Guru di RA Al-Junaidiyah Biru mengajak siswa praktekkan langsung kegiatan thawaf mengelilingi replika Kakbah sebanyak tujuh kali yang ada di Masjid Agung Al Maarif Bone.

Andi Siti Fathiah, S.Pd.I yang ikut mendampingi bersama guru lainnya mengatakan, jika apa yang dilakukan hari ini adalah bentuk pembelajaran kontekstual, dimana siswa secara langsung dihadapkan pada benda dan situasi yang menyerupai mirip dengan kondisi yang sebenarnya.

“Kita berharap dengan mengajak anak belajar seperti ini, mereka dapat lebih yakin akan kebenaran ajaran Agama Islam, termasuk memberi pemahaman lebih dini terhadap bacaan dan makna yang diucapkan saat melakukan Thawaf”, ucap Kepala RA Al-Junaidiyah Biru.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Madrasah Raudhathul Athfal adalah integrasi penguatan agama dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, siswa diharap akan lebih siap dan memiliki pondasi beragama yang baik sebelum memasuki jenjang belajar di tingkat selanjutnya.

Komentar
Loading...