Peneliti Sanad Qiraat Nusantara Silaturahim ke PPM Al-Junaidiyah Biru

Pimpinan Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Junaidiyah Biru, Dr. Muslihin Sultan, M.Ag, menerima kunjungan dari Ustaz Muhammad Abid Muaffan seorang peneliti Sanad Qiro’at Nusantara sekaligus pewaris sanad Tuhfatul Athfal pada Selasa (15/11/22).

Kunjungan pemuda yang kerap disapa Gus Abid ini, bertujuan untuk menjelaskan penelitian Sanad Qiro’at di Nusantara yang dilakukannya, dalam hal ini jalur sanad dari Rasulullah SAW ke AG. KH. Junaid Sulaiman.

Sanad menurut bahasa adalah sandaran atau tempat bersandar. Jadi untuk bisa membaca tilawah sesuai dengan tuntunan Nabi, seorang muslim harus memiliki rujukan dari orang-orang (perawi atau Syeikh) yang menjadi sandaran atau jalan yang menghubungkan satu hadis atau sunah sampai pada Nabi Muhammad SAW.

Di PPM Al-Junaidiyah Biru, Gus Abid mengisi pengajian rutin Ba’da Maghrib yang dihadiri santri dan pembina. Ia menjelaskan sebaran sanad Al-Quran ulama Bugis Makassar, khususnya sanad jalur muassis PPM Al-Junaidiyah Biru, AG. KH. Junaid Sulaiman dan AG. KH. Khuzaifah.

Selain mengisi pengajian malam, keesokan harinya Gus Abid ziarah ke makam para anregurutta di Talumae.

Komentar
Loading...