Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel Puji Pelaksanaan IW PDF Ulya Al-Junaidiyah Biru

Hari Kedua IW PDF Ulya Al-Junaidiyah Biru

Hari kedua pelaksanaan Imtihan Wathani (IW) Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone di Aula Ponpes Al-Junaidiyah Biru, berjalan dengan tertib dan lancar.

Penyelenggaraan IW merupakan amanah UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan PMA nomor 31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren.

IW merupakan ikhtiar Kementerian Agama untuk mengukur capaian kompetensi santri dan standar penguasaan kurikulum yang berbasis kitab kuning yang mengacu pada Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum untuk Pondok Pesantren.

Minggu, 27 Februari 2022, Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Kabid PD Pontren) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulsel, Dr. H. Mulyadi, MM, melihat langsung jalannya IW yang dilaksanakan PDF Ulya Al-Junaidiyah Biru.

Kehadirannya sebagai wujud perhatian Kanwil Kemenag Sulsel untuk memastikan IW terlaksana dengan baik dan penuh tanggung jawab di wilayah kerja Sulsel, khususnya di Kab. Bone.

Dikatakan, “Ada 185 santri yang mengikuti IW Tahun 2022, tersebar di lembaga PDF Ulya pada 4 Kabupaten/Kota di Sulsel, yaitu Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kab. Maros, Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kab. Barru, Pondok Pesantren Al Junaidiyah Biru Kab. Bone dan Pondok Pesantren As’adiyah Kab. Wajo”.

Lanjut disampaikan, jika “IW ini bertujuan untuk mengukur capaian santri kita dalam pembelajaran dan menjaga mutu keluaran santri di PDF Ulya agar menjadi Ulama Indonesia yang akan menjadi corong Pemerintah dalam menyebarkan Islam Rahmatan Lilalamin di masyarakat”, terang Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel.

Kehadiran Dr. H. Mulyadi, MM, didampingi oleh Kepala Seksi PD Pontren Kemenag Bone, Salahuddin, M.Pd.I, Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Junaidiyah Biru, Dr. K.M. Muslihin Sultan, M.Ag, dan Kepala Madrasah PDF Ulya Al-Junaidiyah Biru, Andi Ridwan, LC., MA.

Komentar
Loading...