Kuasai Juara Cabang Tafsir, Santri MTaQ PMJ Biru akan wakili Sulsel pada MTQ Nasional di Padang tahun 2020

MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Kabupaten Pangkep baru saja selesai ditutup, tepatnya hari Rabu tanggal 2 September 2020, pukul 14.00 WITA. Pelaksanaan MTQ Provinsi kali ini menjadi sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kegiatan dilaksanakan secara virtual. Pandemi covid 19 tidak menghalangi proses berlangsungnya perhelatan tahunan dan bergengsi yang diikuti para santri/siswa dari berbagai pesantren/madrasah dari seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Dalam MTQ tingkat provinsi Sulawesi Selatan kali ini, Pesantren Modern al-Junaidiyah (PMJ) Biru mengikut-sertakan santri-santrinya yang sebelumnya telah sukses menjuarai MTQ tingkat Kabupaten di beberapa daerah dan menjadi wakil masing-masing kabupaten pada MTQ tingkat Provinsi. Setidaknya ada 6 kabupaten yang pesertanya diisi oleh santri PMJ Biru, khususnya dari santri Madrasah Tahfizhil Qur’an (MTaQ), yakni Kabupaten Bone, Sinjai, Pinrang, Wajo, Bulukumba, dan Luwu Utara.

Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung kurang lebih sepekan ini, sejatinya menjadi momen santri PMJ Biru yang ikut berlomba menunjukkan kualitasnya. Sukses meraih juara di beberapa cabang lomba yang diikuti, santri Madrasah Tahfizhil Qur’an (MTaQ) PMJ Biru kembali menunjukkan dominasinya untuk menguasai kejuaraan pada cabang lomba tafsir al-Qur-an.

Ada 3 kategori dari cabang tafsir al-Qur’an yang dilombakan dalam MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 ini, yaitu tafsir bahasa Arab, tafsir bahasa Inggris, dan tafsir bahasa Indonesia. Dari ketiga kategori cabang tafsir tersebut, santri Madrasah Tahfizhil Qur’an (MTaQ) PMJ Biru yang berhasil menjadi juara yaitu:
1. Juara 1 Tafsir Bahasa Arab putri atas nama Nurfaizah Jamaluddin, mewakili Kabupaten Bone.
2. Juara 1 Tafsir Bahasa Inggris atas nama Ruhil Jannah mewakili Kabupaten Bone.
3. Juara 2 Tafsir Bahasa Inggris atas nama Syarifah mewakili Kabupaten Sinjai.
4. Juara 1 Tafsir Bahasa Indonesia atas nama Annisya DwiResky Kaswarah mewakili Kabupaten Bone.
5. Juara 2 Tafsir Bahasa Indonesia atas nama Nurafifah Maharani mewakili Kabupaten Pinrang.

Selain sukses menguasai juara pada cabang tafsir, santri MTaQ PMJ Biru juga sukses meraih prestasi pada cabang lain seperti juara 3 cabang tahfizh 30 juz putri, atas nama Muslihah Jamaluddin, mewakili Kabupaten Bone. Selanjutnya juara harapan 3 cabang 30 juz putri atas nama Ida Mawaddah, mewakili Kabupaten Wajo, dan juara
harapan 3 cabang fahmil Qur’an putri, mewakili Kabupaten Bone.

Santri MTaQ PMJ Biru yang sukses menjadi juara terbaik cabang tafsir al-Qur’an pada MTQ Provinsi tahun 2020 ini, akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan sebagai peserta pada MTQ Nasional mendatang yang di pusatkan di Padang.

Komentar
Loading...