Pengajar Unit Bahasa Asing (UNIBA) Rapat Pemantapan Bahan Pengajaran

Pondok Pesantren Modern Al Junaidiyah Biru memiliki beberapa unit. Salah satunya adalah unit bahasa asing (UNIBA), dalam hal ini khususnya pada bahasa inggris dan bahasa arab.

Setiap awal semester, santri dan santriwati di berikan bimbingan bahasa arab dan bahasa inggris. Bimbingan ini dimulai malam senin sampai kamis. Pada malam senin-malam selasa digunakan bimbingan bahasa inggris dan pada malam rabu-kamis di gunakan bimbingan bahasa arab.

Pembimbing/pengajar dalam tiap kelas itu di ambil dari ahli bahasa masing-masing. Selain dari guru khusus mata pelajaran bahasa arab dan bahasa inggris yang mengajar di pesantren, pengajar juga di ambil dari alumni dan mahasiswa yang kompeten dalam kedua bahasa ini.

Santri dan santriwati terus dibekali ilmu bahasa, baik bahasa arab dan bahasa inggris untuk kemajuan tingkat berbahasa. Bimbingan malam ini juga sebagai bahan dasar santri dan santriwati berkomunikasi sesama santri, ustadz, guru yang menggunakan bahasa arab dan inggris.

Bimbingan bahasa ini berlangsung selama tiga bulan setiap semester. Selain belajar di kelas, santri dan santriwati di anjurkan untuk mengaplikasikan bahasanya di asrama, kelas, masjid maupun dimana santri itu berada.

Pada malam ini, beberapa pengajar melaksanakan rapat untuk pemantapan bahan pengajaran. Tujuan dilaksanakan adalah agar pengajar satu metode/silabus untuk memudahkan pengajaran tiap-tiap kelas.

Jadi masing-masing pengajar dari MTs, MA, PDF mengeluarkan ide dan metode pengajaran kemudian di satukan dalam berbentuk silabus. Setelah rapat ini, silabus yang dirapatkan akan dijadikan sebagai acuan utama dalam mengajar dan secara otomatis setiap kelas akan menerima materi yang sama.

Dalam rapat ini, di pimpin langsung oleh ketua unit bahasa asing (UNIBA) yaitu Ustadzah Sutarni, S.Pd.I yang merupakan alumni Pesantren Modern Al Junaidiyah serta alumni dari program Pendidikan Bahasa Arab STAIN Watampone/IAIN beberapa tahun yang lalu.

 

Komentar
Loading...