KEMENAG Bone Dampingi PP Al-Junaidiyah Biru Visitasi Pendirian PDF ‘WUSTHA’

PDF Wustha merupakan bentuk layanan Pendidikan baru yang sederajat dengan MTs, SMP

Biru,17/02/2021. Pondok Pesantren Al-Junidiyah Biru sebagai salah satu Pondok Pesantren tertua di Sulawesi Selatan, pada hari ini, Rabu 17 Februari 2021 melaksanakan kegiatan Verifikasi Keabsahan Dokumen dan Visitasi Lapangan pengajuan izin pendirian satuan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) “Wustha”.

PDF Wustha merupakan bentuk layanan Pendidikan baru yang sederajat dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP), kehadiran PDF ini merupakan ikhtiar Kementerian Agama dan kalangan Pondok Pesantren untuk mewujudkan lulusan pendidikan yang memiliki kompetensi pengetahuan keagamaan Islam yang handal.

Kegiatan visitasi tersebut dilaksanakan melalui sarana teleconference/video converence oleh tim Pontren  Kemenag Pusat RI langsung dari Jakarta dengan tim pendirian  PDF “Wustha”, yaitu Bapak Prof. Dr. H. Syamsu Niam, MA. (Dosen IAIN Tulung Agung) dan KH. Ahmad Fadlullah (Ketua Asosiasi PDF Indonesia). 

Selain melalui video converence oleh tim Pontren Kemenag Pusat RI, kegiatan ini di hadiri secara offline di ruang rapat Pimpinan oleh Ketua Yayasan Pesantren Modern (YASPEM) Bone, Pengururs PP. Aljunaidiyah Biru, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum bersama Kasubag TU dan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren sebagai pendamping dari Kementerian Agama di Bone.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag menghimbau agar Tim Pendirian PDF Wustha Al Junaidiyah ini betul-betul mempersiapkan kelengkapan administrasi demi kelancaran verifikasi kelengkapan dokumen tersebut. Tidak lupa pula dalam sambutannya orang nomor satu di Kemenag ini mengingatkan kepada seluruh pengurus Yayasan dan Pondok Pesantren yang hadir untuk selalu tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yaitu 5 M sebagaimana yang dicanangkan oleh Menteri Agama RI dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Sebelumnya juga, di PP. Al Junaidiyah Biru sudah mendirikan PDF Tingkat Ulya yang telah menerima SK Pendirian dan Santri pada tahun 2018. Dan tahun ini, akan mengadakan ujian akhir (Imtihan Wathani) yang pertama kali untuk santri kelas akhir atau 12 sebagai alumni pertama dari PDF Ulya Al Junaidiyah. (Jeu  Hz.)

Komentar
Loading...